Wednesday, January 31, 2007

Open Air SMK 54 Jakarta



Di Bumi Perkemahan Cibubur, Latihan Dasar Kepemimpinan diadakan SMK Negeri 54 Jakarta, Saya menyajikan materi bagaimana seorang pemimpin menyelesaikan suatu masalah.

Awalnya peserta dikumpulkan di Aula, lalu saya paparkan rencana dan tujuan kegiatan selama dua jam ke depan, lalu stiap kelompok diberikan masalah untuk diselesaikan selama lebih kurang 15 menit, hasilnya diprsentasikan.
sesi ini dimaksudkan memberi pengalaman menerima instruksi, menyampaikan kepada anggota kelompok, mendorong anggota kelompok untuk menyelesaikan masalah.
Setiap anggota kelompok juga diberi kesempatan untuk melakukan kontribusi dan menyikapi masalah yang dihadapi kelompok dengan berperan sesuai dengan kemampuannya ... karena mereka, murid SMK diarahkan untuk memasuki dunia kerja, yang nota bene akan selalu menghadapi masalah.

Diskusi kelompok dilakukan secara terpisah sesuai pilihan kelompoknya ... di bagian akhir presentasi mereka menyajikan hasil penyelesaian masalah .... ramai, serius tapi santai, dan membuat adrenalin mereka meningkat karena harus tampil dihadapan teman-teman ... bahkan ada yang gagap mengucap kata "imajinasi" dan harus diulang berkal-kali ... tapi ada pula yang tak sabar untuk tampil, walau ada yang berusaha tak tampil karena dan menghindar ke toilet .... ah, itulah masa anak-anak, semoga kalian berhasil melampaui hari-hari berat ke depan, terima kasih guru-guru dan Kepala SMK Negeri 54 Jakarta yang berkenan mengundang Saya

No comments: