Wednesday, January 31, 2007

Wanita dan Pria Terpisah


Kesatuan Aksi Pelajar Muslim, KAPMI Jakarta Utara mengundang Saya untuk mengupas tuntas masalah Narkoba, Kamis 16 Oktober 2006 di Islamic Center Jakarta Utara, pesertanya cukup banyak, hampir 300 orang (terdiri dari pelajaar SLTP, SLTA dan alumni KAPMI), nama acaranya Seminar Pembinaan Akhlak Pelajar Jakarta Utara. Pembicara lain setelah Saya adalah Al Ustadz H. Lukmanul Hakim, dari bagian Dakwah Islamic Center Jakarta Utara (Terima kasih Pak Ustadz atas tausiahnya, saya sangat menikmati).



Ruangannya representatif, demikian juga dukungan sound system dan multi medianya ... cuma sedikit hambatan buat saya .... formasi tempat duduknya seperti kelas, dengan kualitas kursi yang baik dan empuk akan membuat peserta mudah ngantuk, ditambah lagi AC yang lumayan terasa.



Karena itu saya lakukan ”Ice Breaking” dengan meminta peserta untuk berjalan dan berdiri di depan ruang seminar, menempati posisi sesuai dengan tema yang Saya beri, yaitu: target mereka setelah lulus SLTA – Kerja, Kuliah atau Kerja sambil Kuliah ... hal ini membuat mereka bergerak dan hempaskan rasa ngantuknya, lalu Saya berdialog dengan beberapa peserta tentang pilihan dan argumentasi mereka. Setelah peserta tertawa, bergerak dan tampak lebih segar, mereka duduk menempati tempat sesuai dengan rencana masa depan ... sehingga terjadi pertukaran tempat duduk dan berdampingan dengan teman baru ... bukankah salah satu tujuan kegiatan adalah mengeratkan tali silaturahmi antar pelajar se Jakarta Utara, kenapa harus duduk dengan teman satu sekolah saja?

Disesi tanya jawab, Pak Kyai bertanya dalaaaam sekali ... wah jadi konsultasi disaksikan banyak orang ... ha ha ha, ga apa Pak Kyai, agar umat tidak terjerumus ke lembah hitam

No comments: