Monday, July 23, 2007

TRAINER Indonesia & Australia

Atas berkat Allah dan kepercayaan yang diberikan Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Indonesia Australia Specialized Training Project (IASTP), Saya dipercaya menjadi trainer pada kegiatan WORK BASED DRUG PREVENTION STRATEGIES, kerja sama Pemerintah Indonesia dan Australia. Kegiatan berlangsung di Termate Maluku Utara, pada tgl 13 dan 14 Juli 2007.

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga-tenaga profesional yang mempu merancang dan mengomplementasikan program pencegahan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan kerja, peserta merupakan utusan dari instansi pemerintah dan swasta; ada dari pelabuhan, bandara, universitas, polisi, dinas kesehatan, dll.

Saya menyajikan materi Penyusunan program penyalahgunaan di lingkungan kerja, tes narkoba dan konseling. Pada Pada training tsb Saya bekerja dengan trainer dari Indonesia dan Australia; Ibu Riza Sarasvita (Psikiater - Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Jakarta), Miss. Anne Louise Nalder dan Miss. Julia Fassina. Bertindak sebagai Master Trainer adalah Ibu Diah Setia Utami, seorang Psikiater dari RSKO, Mentor Lokal dari Ternate, Pak Suharto dari BNP Ternate...













Materi sudah disiapkan dalam folder Training Kit yang berisi ratusan halaman, sehingga kami lebih banyak melakukan work shop mengkaji situasi di Ternate dan merancang berbagai hal untuk perbaikan dan pengembangan strategi di lingkungan kerja ... Senin hingga Sabtu, pk 08 hingga 16.30 kami sepakat untuk memusatkan seluruh energi ... diselingi energizer dan nyanyian yang mengesankan membuat lelah jadi tak terasa.

Ada lagu yang sangat berkesan buat kebanyakan peserta training, begini syairnya:

”Water melon, water melon (sambil peragakan perut hamil)
papaya, papaya (sambil peragakan pepaya digantung di dada kanan - kiri)
Banana, banana (sambil peragakan bentuk pisang dengan lengan kanan - kiri)
jus campur, jus campur” (sambil peragakan membuat jus dengan tubuh)

Iramanya menggunakan lagu Barat yang potongan syairnya sbb: ”are you sleeping, are you sleeping ... ”

Saat penutupan hari Sabtu, Anne menangis sesenggukan saat sampaikan kesannya ... rasa kekeluargaan yang hangat, kerja sama yang baik, respon yang menggairahkan dan kenyataan yang sangat berbeda dari informasi awal yang beliau terima saat di Australia, bahwa di Maluku itu rusuh dan mereka harus waspada .... tapi ternyata yang dijumpai adalah orang-orang yang sangat ramah dan bersahaja ... peserta pun banyak yang bertangisan, termasuk Ibu Riza saat terjemahkan interaksi peserta untuk Anne. Thx all ... I learn so much ... trm ksh juga untuk Pak Wijanarka, Pak Dian dari Sprint Consultan yang bekerja sangat baik dan care untuk semua peserta dan trainer, God Bless U all.

2 comments:

abudiarso said...

Sukses Pak Untuk Acaranya !!
Thanks

Dedi Dwitagama said...

thank u sir!