Saturday, May 17, 2008

KETERAMPILAN SOSIAL di Palu Sulawesi Tengah


Pelajar Sulawesi Tengah dari berbagai kabupaten ternyata banyak yang memiliki penguasaan Bahasa Inggris yang baik, mereka Saya pancing untuk menyampaikan kesan dan pesan dengan menggunakan Bahasa Dunia pada akhir sessi Saya di kegiatan Penyuluhan Sadar Narkoba dalam upaya pencegahan Penyalagunaan dan Peredaran Gelap Narkoba untuk Pelajar, Guru, Kepala Sekolah dan Tokoh Agama di Palu Sulawesi Tengah Kamis. 15 Mei 2008 di Gedung LPMP Jl. Dr. Sutomo Palu, hebat sekali … semoga Anda jadi orang sukses di masa datang.

Pesertanya sekitar 300 orang, di gelar oleh Badan Narkotika Nasional, BNN RI bekerja sama dengan Badan Narkotika Provinsi Sulawesi Tengah mengusung topik UKS atau Usaha Kesehatan Sekolah, dimana diharapkan masalah penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menjadi muatan UKS, agar tercipta lingkungan sekolah yang sehat dan terhindar dari masalah penyalahgunaan dan predaran gelap narkoba. Materi yang saya sajikan Social / Life Skill atau keterampilan sosial untuk menghindar dari penyalahgunaan Narkoba.

Penyebab remaja menyalahgunakan Narkoba adalah sbb:
– Kecemasan terhadap penampilan
– Perubahan sexual
– Masa puber terlalu dini
– Perubahan tingkah laku
– Kekerasan
– Rasa rendah diri
– Tekanan Kelompok
– Kegagalan di sekolah
– Dll

Mayoritas penyebab diatas masuk dalam lingkup Social Skill atau Keterampilan Sosial, oleh sebab itu ramaja perlu didorong untuk memiliki keterampilan sosial yaitu Keterampilan seseorang dalam mengendalikan diri dan berinteraksi dengan masyarakat, yang indikatornya mereka jadi mampu dan trampil dalam hal, sbb:
– Menjalin hubungan dengan orang lain
– Minimalisasi pengaruh media
– Menyelesaikan masalah
– Menentukan target masa depan
– Pengambilan keputusan
– Bernegoisasi
– Komunikasi efektif, menyampaikan pemikiran dan keinginan
– Kontrol diri
– Dll

Perhatikan pada foto disamping, selama presentasi Saya beberpa kali peserta lakukan workshop untuk memahami apa itu keterampilan sosial, bagaimana cara malakukannya dan cara meningkatkannya. Mereka juga berbicara tentang apa yang mereka rasakan sepanjang sessi Saya ... bukan cuma Saya yang berkeringat .... peserta juga ... mereka berkeringat, bercengkrama, tertawa dan "peroleh pencerahan" agar hidup bisa labih baik. Demikian yang diucapkan beberapa peserta di akhir sessi Saya.

Terima kasih BNN yang telah memberi kepercayaan, BNP (Badan Narkotika Propinsi) Sulawesi Tengah yang telah jadi tuan rumah yang baik, Pelajar SMP, SMA, SMK se Sulawesi Tengah yang sangat serius simak presentasi Saya, termasuk crew Batavia Air yang dengan selamat antar Saya ke Palu dan kembalikan ke Jakarta, jumpai orang-orang yang Saya cintai.

Buat Anda, terima kasih telah berkunjung ^-^

3 comments:

gatothp2000 said...

p dedi, bgmn dgn dki? seberapa efektif utk dki?..krn potensi nya uga besar di sini...

Dedi Dwitagama said...

Betul Pak Gatot, potensi di DKI juga cukup besar ... Saya coba tingkatkan keterampilan sosial siswa, guru dan karyawan SMK Negeri 3 Jakarta, selanjutnya pelan-pelan Saya semaikan ke banyak fihak, Bapak punya forum yang tepat? :D terima kasih telah beri komentar, GBU

donikomputer-pdg said...

ass, bisa ngak bapak memberikan saya artikel yang mengatakan tentang keterampilan sosial guru dalam bimbingan kelompok. saya sangat berterima kasih sekali kalau bapak mau membantu saya, artikel ini sangat berguna sekali buat saya, karna saya sekarang lagi membuat skripsi tentang keterampilan sosial guru pembimbing, trima kasih sebelumnya. wassalam