Tuesday, November 25, 2008

Tentang "Memilih Sekolah" di SMPIT Al Fatih 1 Tangerang


OSIS SMPIT Al Fatih 1 sekitar Perumahan Citra Raya Tangerang mengundang Saya untuk sharring mengenai Pemilihan sekolah yang tepat untuk Siswa/i dan Orang Tua murid, Sabtu 22 Nopember 2008. Inilah ringlkasan presentasi Saya;


Anak anda mau masuk sekolah; SD, SMP, SMA atau SMK. Bingung pilih sekolah buat dia … ada keterbatasan dana, kemampuan jarak atau lainnya. Tips berikut ini mungkin bisa jadi pertimbangan Anda dalam memilih sekolah buat buah hati.

1. Luangkan waktu Anda. Jika ingin anak Anda lebih baik di masa depan, jangan wakilkan urusan ini pada fihak lain … luangkan waktu Anda, betapapun sibuknya Anda … ini bukan kerjaan rutin, hanya tiga atau enam tahun sekali.

2. Temui Guru atau Wali Kelas. Mereka mengetahui kondisi anak kita dan kondisi Sekolah di sekitar Sekolah anak kita saat ini … bertanyalah berbagai hal yang ingin Anda ketahui dan khawatirkan … mintalah waktu lebih untuk komunikasi lebih banyak tentang pemilihan sekolah anak kita.

3. Browsing di internet. Biasanya sekolah-sekolah yang baik memiliki banyak informasi di dunia maya … jangan terlalu percaya dulu pada yang anda dapat di Website, jadikan itu sebagai pertimbangan untuk melihat langsung sekolah yang dituju.

4. Kunjungi Sekolah yang dituju bersama anak Anda. Dari hasil bincang dengan guru atau wali kelas dan browsing di internet anda akan memperoleh beberapa alternatif, kunjungi sekolah yang dituju … sebaiknya tak hanya sekali dan jangan pada hari libur. Suasana sekolah biasanya akan tertangkap roh kegembiraan atau roh yang tak menyenangkan saat melihat aktifitas sekolah yang sesungguhnya. Jika Anda bekerja, mungkin bisa luangkan waktu istirahat makan siang Anda untuk visit sekolah untuk buah hati … labih baik jika anak Anda di ajak berkunjung … karena dia akan jalani masa bertahun-tahun di tempat yang dipilihnya.

Saat berkunjung, bicaralah dengan guru-guru di dekolah itu, murid-murid disana, satpam, pedagang di kantin, dll. Anda akan mendapat gambaran lebih komprehensif tentang kondisi calon sekolah anak Anda.

5. Putuskan bersama anak Anda. Saat memutuskan beberapa sekolah mana yang dipilih sesuai dengan skala prioritas dari yang paling bagus, menurun hingga sekolah yang lebih rendah kualitasnya, Anda harus libatkan anak Anda.

6. Siapkan pilihan alternatif. Jika pilihan pada langkah 5 tidak bisa dipenuhi atau gagal, siapkan sejak awal alternatif sekolah pilihan yang masih bisa dicapai. Daftar di sekolah itu sebagai cadangan … karena biasanya sekolah yang baik menerima pendaftaran lebih awal, memang ada konsekwensi hilangnya sejumlah biaya yang Anda keluarkan … tapi tak apalah, demi buah hati tercinta.

7. Jaga kesehatan dan berdoa. Urusan di atas memakan waktu dan energi yang tak sedikit, oleh sebab itu jaga kesehatan dan berdoalah, kerjasama yang baik antar suami, istri dan anggota keluarga lainnya akan hasilkan yang terbaik … selamat berjuang raih masa depan lebih baik.

2 comments:

Anonymous said...

salam Pak Dedi. Makasih infonya. saya mau tanya lebih detil. saya punya sepupu ce, kelas 3 SMP dan sedang menunggu hasil UAN nya. dia suka biologi, penelitian dan sepak bola (olah raga). saya menyarankan memilih SMA berdasrkan minatnya, krn ditambah dgn bakat, enjoy dan kerja keras, insyaAllah berhasil. jika saya menyarankan masuk SMA IPA dan setelah lulus SMA masuk ke jurus biologi / kedokteran, ok ga pak ?
Ada pandangan lain dari dia dan saya, bahwa jika tidak masuk, bisa saja masuk SMK, terutama utk bekal setelah lulus utk langsung kerja/wirausaha. tapi jurusan apa ya pak ?

makasih info nya.

Anonymous said...

oh iya, utk yg pertanyaan saya tadi, mhn direply ke windosab@gmail.com jika tidak merepotkan. nama saya Windy Aryo.

terima kasih banyak pak.