Saturday, February 17, 2007

Serunya Siswa/i SMA Negeri 4 Jakarta

Sahabat Saya Ibu Diah kontak Saya untuk memberikan materi ”KEPEMIMPINAN” pada workshop LDK siswa SMA Negeri 4 Jakarta yang diadakan di Bumi Perkemahan Cibubur pada hari Jumat, 16 Februari 2007.


Saat pembukaan, formasi peserta berbentuk kelas ... ketika sessi Saya dimulai, saya meminta semua peserta untuk merubah formasinya menjadi leter ”U” ... setelah memperkenalkan diri, Saya meminta siswa/i yang berminat jadi pemimpin untuk berdiri ... wah ternyata dari sekitar 45 orang peserta 15 orang berminat jadi pemimpin ... saya beri motivasi lain ... siapa yang berminat jadi presiden silahkan maju ... ternyata ada lima orang berminat jadi presiden; presiden di perusahaan, presiden kaum wanita ... hingga RI 1 (menggantikan SBY) .... wah ramai sekali peserta merespon ucapan para calon presiden.

Proses berikutnya semua peserta memilih kelompok sesuai dengan selera dengan membagi jumlah yang sama untuk menerima tugas yang harus diselesaikan bersama, materinya fokus bagaimana pendelegasian, menyatukan ide dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang secara tak disadari akan mengeluarkan kemampuan kepemimpinan seseorang.

Tugas-tugas yang diberikan diantaranya; peragakan sebuah situasi dimana salah seorang anggota keluarga mengalami kecanduan Narkoba, peragakan cara atau gaya mengajar guru SMA Negeri 4 Jakarta untuk ditebak peserta diluar kelompoknya; mencari alat musik di dalam ruangan pelatihan dan membawakan dua lagu, menemukan 20 benda yang diawali dengan huruf ”B”.

Saat peragaan hasil kerjanya membuat hampir semua peserta terpingkal-pingkal, ... setelah semua kelompok menyajikan hasil kerjanya, saya memaparkan berbagai hal tentang kepemimpinan, diakhiri dengan tanya jawab ..... dan dua jam 15 menit berlangsung tak terasa. Bahkan beberapa peserta menyusul saya keluar ruangan menanyakan tentang organisasi ... wow ... bergairah sekali ... thx guys n girls ... semoga kalian sukses jadi presiden masa depan ... spesial thx 4 Asmarangga yang membantu saya mendokumentasikan pelatihan ...

2 comments:

Anonymous said...

Ini dia training u jadi pemimpin masa depan. Bulan lalu ketika mengikuti seminar SMA se-Jepang, saya sempat melontarkan perlunya mentraining anggota OSIS-nya SMA Jepang ttg kepemimpinan dan organisasi. Dan mereka sempat kaget ketika saya katakan dulu sebelum jadi pengurus OSIS di SMP dan SMA, saya juga menjalani training ini. Ini hal lazim di Indonesia.
Btw, saya pengen hadir di salah satu training Bapak sebagai pengamat. onegaishimasu...

DEDI DWITAGAMA said...

Ah ... sy jadi tersanjung, semoga Maret, saat anda di Jakarta Saya ada sessi ... pls come

Sy sudah sounding kepada teman-teman kepala sekolah tentang rencana kunjungan anda ke SMK Negeri 3 Jakarta, tolong sajikan ttg pendidikan SMK di Jepang dan kehidupan Guru di Jepang, arigato ... ^-^