Sunday, April 01, 2007

Dharma Pertiwi Bergairah ... MERIAH

Pesertanya sekitar 60 orang, terdiri dari Ibu-ibu Dharma Pertiwi, bertempat di Wisma Handayani Jakarta Selatan, BNN mengundang Saya memberi materi “Teknik dan Simulasi penyuluhan” ... dengan cara permainan, diskusi kelompok dan action.

Saya minta peserta barbaris sesuai dengan kriteria yang Saya beri ... setelah itu mereka saling berkenalan dengan dua orang di kiri dan kanan mereka ... setelah Saya membuka pelatihan dengan memaparkan target dan strategi yang akan dilakukan, Saya tugaskan mereka untuk mendiskusikan teknik membuka penyuluhan dan memaparkannya ... wahhhhhh dasar ibu-ibu .... rame dan meriah sekali suasananya ... idenya banyak, mulutnya rame ... menggairahkan, sampai-sampai ada peserta yang sakit jadi sembuh dan bertahan hingga akhir. Karena ada selingan lagu Bang Toyib sambil joget bersama ...

Berikutnya Saya tugaskan peserta untuk mendiskusikan teknik penyuluhan yang efektif dan tak efektif dengan cara mengambar bentuk hati di flowchart, dan menuliskan hal-hal efektif di dalam hati dan sebaliknya. Mereka serius main banyal-banyakan ... menguber hadiah yang telah Saya siapkan ... he he he ... rame terusss ...

Saya cuma punya sisa waktu 20 menit untuk memaparkan empat strategi dasar menjadi penyuluh ... hingga waktu berakhir ... ger-geran terus berulang, karena saat paparan Saya hubungkan dengan kejadian lucu yang baru saja terjadi saat mereka diskusi dan paparan ... hingga waktu harus memisahkan kita ... dalam kegembiraan dan gairah ... kita berpisah dalam gerah ha ha ha... selamat kembali ke daera masig-masing, jangan menghitung hari yaaaa ... karena kita sayang pada keluarga kita ... terima kasih atas kegembiraan yang tercipta, semoga sukses

No comments: