Friday, October 26, 2007

Bahayangkari HEBOH, bergairah


Bertemu dengan Ibu-ibu Bhayangkari hampir selalu mengesankan, betapa tidak ... mereka merespon dengan bergairah setiap tugas dan permainan yang berlangsung sepanjang sessi "Teknik dan Simulasi Penyuluhan" Pelatihan Fasilitator Penyuluh bagi Pengurus Bhayangkari, di Balai Diklat BPKP Bogor Jawa Barat, Rabu 23 Oktober 2007


Saat saya masuk di sessi Dr. Dyah, Wakil Direktur RSKO Jakarta, Saya mengamati formasi duduk peserta masih mengelompok berdasarkan seragam yang mereka kenakan, asumsi Saya mereka belum berbaur atau saling mengenal ... setelah saya konfirmasi, ternyata benar, jadilah "4 KIKA", sebagai game pertama Saya. Dalam formasi lingkaran peserta harus mengenal dan hafal nama 4 rekan di kanan dan kirinya ... asik deh lihatnya, mereka berkenalan sambil saling "baku cium" ... ach, dasar wanita ... mesra gitu lo.

Selanjutnya kerja kelompok mengkaji penyuluhan yang efektif dan tak efektif, saat presentasi hasilnya ... memperlihatkan calon-calon penyuluh yang bisa diandalkan ... walau ada yang baru pertama kali tampil, tapi gaya dan suaranya muantep banget.

Terima kasih BNN atas kepercayaannya, terima kasih juga Ibu-Ibu Bhayangkari atas kehebohannya, hingga ada yang sakit perut saat bermain "KELOMPOK KANCIL", semoga pertemuan kita bermakna dan bisa diterapkan dilapangan, selamat berjuang.

No comments: