Monday, December 28, 2009

Kilas Balik TRAINER KITA 2009

Wawancara Indovision Januari 2009

Kilas Balik Saya sepanjang tahun 2009, Saya telah melakukan 56 posting di Blog yang Anda baca ini, 313 posting di Blog Dedi Dwitagama dan 130 posting di Blog Foto Dedi, berikut ini adalah kilas balik Dwitagama sepanjang tahun 2009.

Desember 2009

Training terakhir 2009

Di Cibubur Jakarta Timur, lebih dari 100 peserta Latihan Dasar Kepemimpinan OSIS - LDKO SMK se- DKI Jakarta Saya sharring sambil bermain yang mendorong peningkatan kemampuan berkomuniasi sebagai seorang pemimpin di Organisasi/OSIS.

di Ruang Fatahillah Kantor Walikota Jakarta Utara Saya sharring masalah Bermain dan Belajar untuk lebih kurang 100 Guru PAUD Jakarta Utara. Suasananya seruuuu ... setiap games, tugas dan paparan Saya mendapat respon bergairah ... terlihat betapa tinggi keadaran mereka untuk membimbing anak-anak balita negeri menjadi generasi yang lebih baik

Nopember 2009

Tahun ini ulang tahun saya dirayaan umat sedunia dengan menyembelih hewan qurban … smg Allah bersama kita selalu, berikut ini adalah sebagian dari 600 lebih ucapan buat saya melalui fesbuk.

Deka Newgarden merupakan teman yang pertama kali ucapin di pagi hari … Kamis, 26 Nopember 2009… berlanjut hingga lebih kurang 630-an lewat wall dan message

Ini ucapan yang terakhir Saya terima lewat fesbuk, kemarin 4 Desmber2009;

Kamal Hr:
Assalamu’alaikum, pa kbr Mr. D?? … Mau ucapin Met Milad… hehe :)maaf, bukan tanpa sengaja agak telat ngucapinnya… emang sengaja sih, biar bisa di baca… soalnya kalo ngucapin pas hari-H, wuih banyak bgt ucapannya dr yg lain, secara bpk-ku yg satu ini udah jadi “selebritis” fb and blog juga gitu loch… haha :D ….

Berikut ini adalah ucapan-ucapan yang saya kutip mewakili semua:

Haji Luthfi;
Selamat Ulang Tahun pak…. semoga tambah sukses terus dan sehat selalu !!! amien

Siti Chamsiah;
yg ini gak dipercepat pak. Selamat menikmati karunia Allah SWT. Usia yg dibeikan olehnya semoga tetap diisi dg kegiatan yg manfaat bg org2 disekitar bpkg amin. Terus berkarya untk ank2 bangsa.

Chachay Rangerz;
happy b’day si bapa tampan..
wish u all the best n ur dream come true..
sukses truuzzz iia nd tetep semangat membimbing kami semua agar kami menjadi pelajar indonesia yang bermasa depan cerah
god bless you pak…

Sirahulzhohar Syah;
asslammualaikum,met ultah pa Dedi,Mdah2an tetap istiqomah dijalan Alloh,sehat selalu sekeluarga n Bisa naek Haji n berkunjung Kemekam Rosululloh,tmbah anaknya,tambah banyak fulusnya.amin Qobul,Alfatiha

R Reza Septyan;
Slamat
Ulang tahun Pa Dedi, Moga panjang umur, sehat slalu dan banyak rizki.
Tentunya berkah juga karna bersamaan sm hari raya idul Qurban.

Salam LDK ‘05

Jonminofri Nazir;
selamat ulang tahun Pak Guru… saya berdoa khusus agar guru lain mempunyai semangat yang sama dengan Pak Guru Dedi….

Mengunjungi Anyer, pada kegiatan Badan Narkotika Provinsi Banten di Hotel Mambruk 11 Nopember 2009 ... audiencenya guru-guru BK - Bimbingan Konseling. Saya menemani Bapak Safari dari BNN RI.

Sudin Dikmen Jakarta Pusat sebagai Panitia LDK OSIS SMA & SMK Jakarta Timur mengundang Saya untuk sharring masalah pemberdayaan OSIS di Cibodas Jawa Barat Senin 23 Nopember 2009. Pesertanya hampir seratus orang.

Oktober 2009

tanda tangan gubernur

Majalah dan online SMK UPDATES - Majalah Bulanan Kounitas SMK DKI Jakarta dilaunching oleh Gubernur DKI Jakarta di pertengahan Oktober.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran Matematika SMA Jakarta Barat mengundanng Saya untuk WORKSHOP bertajuk BLOG UNTUK PEMBELAJARAN hari ini Rabu 21 Oktober 2009 di SMA Negeri 112 Jakarta Barat.

Badan Narkotika Propinsi DKI Jakarta mengundang Saya untuk sharring dengan perwakilan mahasiswa Jakarta dengan topik seperti pada slide di atas, di Gedung Pegadaian Salemba Jakarta Pusat, Rabu 14 Oktober 2009, dengan ending dialog yang sangat menyenangkan ... mencerminkan keseriusan anak-anak muda negeri untuk minimalkan narkoba di negeri tercinta, selamat merajut masa depan yang sejahtera.

Forum OSIS SMK Jakarta mengundang Saya di halal bi halal mereka dalam upaya persiapan regenerasi bertempat diAula SMK Negeri 26 Jakarta, 10 Oktober 2009, saya memotivasi mereka utk jadi pemimpin yang baik agar sukses di dunia kerja.

September 2009

semangat

Rabu 2 September 2009 di SMK Negeri 57 Jakarta Selatan Saya sharring tentang Model-model Pembelajaran Matematika, dengan peserta sekitar 60 Guru-guru Matematika yang tergabung dalam MGMP SMK Jakarta Selatan, dimoderatori Ibu Dra. Esih Setianingsih, MM.

Suasananya menyenangkan, riang, bergairah, aktif, konstruktif dan selalu merespon triger-triger yang saya berikan. Diawali dengan BUS STOP games, peserta secara berkelompok, sambil berpindah dari halte ke halte menuliskan langkah-langkah pembelajaran delapan topik pokok bahasan Matematika SMK.

Lebaran ada di bulan ini ... perubahan mendadak sebelum lebaran mudik ... nikmati belasan jam traveling ke Cirebon ... alhamdulillah semua sehat, am happy ktemu keluarga.

Agustus 2009

sy siap kerja

Saya sangat menikmati peserta didik baru dan lama SMKN 36 Jakarta yang mulai berubah paradigma dan komitmennya, terima kasih semua yg telah mendukung.

Memenuhi undangan KGI - Klub Guru Indonesia cabang Nganjuk Jawa Timur, atas dukungan Penerbit Indeks yang menerbitkan buku Penelitian Tindakan Kelas dimana Saya dan Bapak H. Wijaya Kusumah Guru SMP Labschool Rawamangun Jakarta Timur sebagai penulisnya, Kami menjumpai hampir seratus guru TK hingga SLTA se-Nganjuk dan sekitarnya.

di Pondok Pemuda Cibodas Jawa Barat, Selasa 11 Agustus 2009. Pesertanya sekitar seratus pelajar SMA dan SMK Se Jakarta Utara, Saya menyajikan materi Manajemen Organisasi. Penyelenggaranya adalah Sudin Dikmen Jakarta Utara.

Saya menyajikan topik Rencana Strategis, bertempat di Balai Latihan Tenaga Kependidikan Rawa Bunga Jakarta Timur, Jumat 14 agustu 2009 diikuti lebih kurang 160 Kepala SD se DKI Jakarta, terima kasih kepada Bapak H. M. Didang Setiawan dan Kepala LPMP Jakarta serta tim Balai Latihan (dulu BPG) yang berkenan mengundang Saya.

Saya diundang BPPK Duren Sawit Jakarta Timur yang dipimpin oleh senior saya Bp. Drs. H. Mustafa Kemal, M.Pd, lewat kontak intensif sahabat Saya, Bp. Ragil Tugiman yang baru saja terim SK CPNS.

Materi Saya adalah motivasi agar guru-guru yang ikut kegiatan WORKSHOP PEMBUATAN JOBSHEET SMK se Jakarta Timur mampu mengoptimalkan kemampuan yang dimilikinya dan selalu berusaha belajar serta ikuti perkembagan zaman, materi saya berjudul CHANGE ... ayo berubah.

Juli 2009

bahagia lihat mereka gembira

Pada permulaan Juli diawali dengan paparan tentang berbagai upaya yang dilakukan di SMK Negeri 3 Jakarta dalam proses menuju pembelajaran berbasis elektronik pada kegiatan pemilihan Kepala Sekolah SLTA Berprestasi (tingkat Jakarta Pusat Saya Juara Satu dan tingkat Provinsi DKI Jakarta Saya juara tiga), Anda bisa lihat disini.

Senin 14 Juli paparkan tentang Narkoba dan afek terhadap otak dan tubuh dikaitkan dengan penelitian ilmiah dan pandangan agama di SMK Negeri 3 Jakarta, Selasa 15 Juli dengan topik yang sama di SMK Negeri 44 Sumur Batu Jakarta Pusat, Rabu 16 Juli 2008 di SMK Negeri 34 Jl. Kramat Raya, dan SMKN 56 Jakarta Pusat masih dengan topik yang sama.

Sebagai tanggung jawab di keluarga Lingkungan SMK Negeri 36 Jakarta, Saya juga presentasi masalah Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba pada kegiatan Masa Orientasi PEserta Didikn Baru SMK Negeri 36 Jakarta.

Badan Narkotika Kota (BNK) Jakarta Utara, mengundang saya untuk sharing tentang Peran Guru BK dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di Ruang Fatahilah Kantor Walikota Jakarta Utara. Pesertanya lebih kurang 150 orang guru-guru BK SMA dan SMK di Jakarta Utara. Pembicara lainnya dari BNK Jakarta Utara dan RSKO Jakarta.

Menyajikan materi Penyusunan Rencana Aksi Kegiatan atau yang biasa dikenal dengan Action Plan pada kegiatan Pelatihan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba untuk Kaum Ibu, yang diadakan di Gedung BKOW Duren Sawit Jakarta Timur, Kamis 23 Juli 2009, berawal dari kontak Ibu Siti, seorang Kepala Bagian di BNN RI.

Jumat, 25 Juli memenuhi undangan LPK NU di Kantor PB NU Jl Kramat Raya Jakarta Pusat pada kegiatan training of trainer untuk generasi muda atas kerja sama dengan Colombo Plan. Terima kasih kepada semua fihak yang berkenan dengan kehadiran Saya, semoga bermanfaat.

Senin, 28 Juli 2008 memenuhi undangan Dinas Bintal Kesos DKI Jakarta sajikan topik Narkoba untuk teman-teman pramu sosial di Villa Putragus Cisarua Bogor, terima kasih Pak Haji Aman yang mencatat tiga tahun jumpa kami dengan banyak kenangan.

Presentasi yang lain pesertanya hampir 400 orang ... di aula yang besar, komplek BP2K Budi Utomo Jakarta Pusat dekat SMK Negeri 1 Jakarta, Saya menyajikan topik "SISWA SMK, DUNIA KERJA & IT".

Materi Saya Rencana Aksi Kegiatan Alternatif Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pondok Pesantren, diadakan oleh Badan Narkotika Nasional RI di Wisma Haji Pondok Gede Jakarta Timur Selasa 29 Juli 2009, pesertanya hampir 200 orang.

adalah sesuatu yang sangat membahagiakan jika peserta gembira mengikuti training, rasa lelahpun sirna ... foto diatas adalah dokumentasi pelatihan IDE "Inovasi Dalam Edukasi" di Bandung Juli 2009

Juni 2009

Guru tugasnya tak hanya mengajar
mendidik adalah tugas utama
beda cara mendidik anak SMA dan SMK
karena targetnya tak sama

demikian inti sari yang saya sampaikan
saat memotivasi teman-teman
guru dan karyawan SMK Negeri 7 Jakarta
di Ever Green Hotel Sabtu 7 Juni 2009.

Rabu 10 Juni 2009 Saya memotivasi guru dan karyawan SMA Negeri 16 Jakarta Barat yang telah sadar IT untuk lebih mengoptimalkan pemanfaatan IT untuk pembelajaran ... sebagai bagian dari RAKER SMA Negeri 16 Jakarta.

Memberi motivasi untuk tim O2SN dan GBPN DKI Jakarta yang akan berlaga di kompetisi tingkat Nasional berlokasi di SMK Negeri 26 Jakarta.

di Hotel Griya Astuti Saya sharring tentang Guru Berprestasi dengan guru-guru, dan pegawas pilihan Jakarta Barat.

Terima kasih kepada Kepala SMK Negeri 49 Jakarta, Bapak Drs. Junaidi Damiri, MM yang berkenan mengundang Saya sharring bertajuk IT untuk pebelajaran.

Selasa 30 Juni 2009, Saya mendapat kehormatan untuk menlanjutkan sharring Guru Kreatif Agus Sampurno di SMP Perguruan Cikini Jakarta Pusat, berdiskusi masalah bagaimana guru bersikap hadapi perubahan era menjadi serba DIGITAL saat ini.

di SMKN 4 Jakarta

Suatu kepuasan yang tak hingga Saya rasakan ketika setelah training mendapat sapa dari peserta ... ini terjadi setelah saya melakukan training optimalisasi pemanfaatan IT untuk pembelajaran di SMK Negeri 4 Jakarta, hari ini Senin, 15 Juni 2009.

Ibu Zainita dan Bp/Ibu Reza menuliskan catatan di blog saya http://dedidwitagama.wordpress.com, begini:

Terima kasih Pak Dedi, kunjungan bapak ke sekolah kami sangat bermanfaat sekali bagi kami. Membuka cakrawala berfikir bahwa kita sangat perlu menggunakan teknologi IT.

zainita
smk 4 jkt.

Mei 2009

Berlokasi di ruang Multimedia SMA Negeri 68 Jakarta, pada 5 Mei 2009 Sy sharring tentang menulis ilmiah untuk Siswa dan Guru SMA & SMK di Jakarta Pusat.

Bersama dengan teman teman dari VEOS, Vocational Education Oubond Service kami memfasilitasi kegiatan Tim Bulding untuk kontingen DKI Jakarta yang akan berjuang di LKS Tingkat Nasional 2009.

April 2009

Bag Pendidikan Askesmas Kota Administrasi Jakarta Utara undang Saya untuk sharring ttg Pendidikan Sistem Ganda dan kesiapan kerja untuk siswa SMK ... rame... ada nyanyi, dialog, dll.

SMKN 36 Jakarta dikunjungi Gubernur DKI Jakarta saat beliau meresmikan instalasi air bersih tak jauh dari sekolah kami.

Bandung saatnya saya kunjungi, bersinergi dengan FRISIAN FLAG lakukan Inovasi Dalam Edukasi - IDE Saya sharring masalah TIK untuk Guru-guru SD.

Maret 2009

Bersinergi dengan FRISIAN FLAG lakukan Inovasi Dalam Edukasi - IDE di Surabaya dan Bandung, Saya sharring masalah TIK untuk Guru-guru SD.

Menghangatkan diri saat hujan lebat di Cibubur sambil Sharring topik Leadership untuk OSIS SMKN 56 Jakarta.

Presentasi tentang efek Narkoba terhadap otak dan tubuh manusia, lalu disandingkan dengan pandangan Agama Islam berkaitan dengan Narkoba Saya sajikan di kegiatan Pekan Maulid Nabi Muhammad SAW Masjid Daarul Muttaqien Komplek Depag Cengkareng Jakarta Barat.

Sharring Communication Skills untuk Wartawan Radio dan Media Cetak atas undangan Badan Narkotika Nasional - BNN RI.

Februari 2009

Di Konfrensi Kerja PGRI Jakarta Pusat yang berlangsung di Cisarua, Saya sharring masalah pentingnya IT bagi Kepala Sekolah.

SMKN 36 Jakarta di Kompas

SMK Negeri 36 Jakarta dikunjungi expert perikanan dari Jepang, wartawati foto Kompas Lasti Kurnia kunjungi sekolah dan publish foto kegiatan Praktek. Saya menemani teman-teman SMK Negeri 36 Outbond di Cisarua.

Sosialisasi AD & ART Komite Sekolah untuk komunitas pendidikan SMA dan SMK se DKI Jakarta, Training Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di kegiatan Ibu-Ibu PKK RW 01 Jati Cempaka Bekasi

Januari 2009

Peristiwa paling dahsyat yang tak terlupa yaitu kepergian Ayahanda Tercinta Tolib Sutrisno Utomo...

Berpindah tempat tugas ke SMK Negeri 36 Cilincing Jakarta Utara setelah empat tahun bertugas di SMK Negeri 3 Jakarta.

Reporter QTv (Indovision ch. 95) Mr. Jonminofri Nazir mewawancarai Saya atas rekomendasi Bp. Onno W. Purbo, wawancara berlangsung di Studio yang berlokasi di Gedung DPR-MPR Senayan Jakarta, dengan tema: "Bicara tentang Guru dengan Guru".

SMK Negeri 30 Jakarta undang Saya ... kali ini Saya bicara dengan semua guru dan karyawan ... intinya, guru profesional tak bisa menghindar dari IT, karena itu kini jadi keharusan

2 comments:

VIRGANA said...

Luarbiasa karya-karyanya masih ada waktu antara tugas pokok dan berkarya

DEDI DWITAGAMA said...

alhamdulillah ... saya didukung tim yg hebat di SMKN 36 Jakarta Pak Haji ... shg kami bisa saling support