Wednesday, March 19, 2008

Wartawan Narkoba



Pemberitaan Media Massa pada akhirnya diharapkan mampu memberikan pencerahan kepada penduduk negeri sehingga dapat memberikan sumber energi untuk kehidupan yang lebih sejahtera.

Anda bisa bayangkan apa yang ada pada fikiran pembaca jika membaca betapa besarnya keuntungan menjual atau mengedarkan Narkoba ... harga pergramnya sekian ratus ribu, dalam sehari bisa menjual sekian gram ... dengan keuntungan per gramnya sekian ... berarti dalam sehari penghasilan pengedar itu sekian ...... rupiah.


Untuk orang yang sedang kesulitan hidup, pekerjaan tak kunjung didapat, sementara anak istri menunggu diberi makan dan sandang pangan ... berita di atas mendorong ybs memasuki bisnis yang menghancurkan generasi muda.

Peran jurnalis media TV, Radio, Majalah, Tabloid, harian dan lainnya sangat besar agar pola fikir masyarakat berada pada jalur yang benar dan mendorong terciptanya masyarakat yang bebas penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba.

Saya mendapat kesempatan sharing dengan teman-teman jurnalis berbagai media dari seluruh Indonesia bagaimana mengkomunikasikan masalah Narkoba kepada masyarakat agar tercipta suasana yang kondusif untuk mengurangi persoalan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba di Fasilitas Rehabilitasi Penyalahgunan Narkoba di Lido Sikabumi, Senin 17 Maret 2008. Pesertanya lebih kurang seratus orang. Kegiatannya bertajuk Pemantapan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap NArkoba (P4GN) bagi wartawan media cetak, penyiar radio pemerintah dan swasta, serta reporter TV.

Suasananya sangat bergairah ... pendapat, ide dan model pemberitaan yang baik dan kurang baik bergantian diuangkap ... dengan iringan tepuk tangan apresiasi teman yang tampil dan dialog yang menyegarkan ... selamat berjuang teman-teman, Saya berharap beberapa tahun ke depan Saya jumpa lagi dengan Anda dimana posisi Anda sudah selevel Karni Ilyas yang berkali-kali berpindah media tentu dengan nilai transfer yang tak kecil ... bravo jurnalis-jurnalis muda Indonesia



No comments: