Wednesday, July 29, 2009

Kegiatan Alternatif Pondok Pesantren - BNN RI


Materi Saya Rencana Aksi Kegiatan Alternatif Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba di Lingkungan Pondok Pesantren, diadakan oleh Badan Narkotika Nasional RI di Wisma Haji Pondok Gede Jakarta Timur kemarin Selasa 29 Juli 2009, pesertanya hampir 200 orang.

Pada awalnya saya lakukan permainan dimana mengambil sikap atau posisi berdiri tanpa bicara, agar mereka terbiasa menentukan keputusan dengan kedepankan kemampuan diri sendiri ... selanjutnya saya membagi peserta dalam 8 kelompok untuk menganalisa berbagai persoalan dan menentukan respon terhadap persoalan itu.

Terakhir, dalam 6 kelompok yang berbeda mereka membuat materi presentasi dan yel-yel yang mengeksplorasi berbagai kegiatan pencegahan Narkoba.

Terima kasih kepada Bapak Brigjen Pol Drs. Anang Iskandar, SH, MH, Kepala Pusat Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba BNN RI yang berkenan mengundang Saya, ... Ibu Khodijah, Ibu Siti, dan semua staf Puscegah BNN,... ucapan terima kasih juga saya haturkan kepada semua peserta yang serius simak dan respon pelatihan saya … semoga semua dalam sehat senantiasa